Saturday, May 29, 2021

Genetik Timur Dekat dan Kaukasia

Timur Dekat dan Kaukasia bertetangga. Timur Dekat diasosiasikan dengan y-dna Semitik IJ.

Timur Dekat

Pada masyarakat Timur Dekat,y-dna I tinggi pada masyarakat Iranian, yakni 24,6 Iranian Barat, 16,8 Kurdi Irak Utara (Iranian Barat Laut), 11,5 Yahudi Sephardic, 6,8 Turki, 6,3 Arab Badui, Arab Palestina dan Yahudi Ashkenazi, 6,1 Yahudi Kurdi, 5 Arab Siria dan Armenia, 4,8 Libanon, 3,4 Arab Yordan, 3 Azerbaijan. Pada masyarakat Saudi, Yaman, Kuwait, Qatar dan Kuwait 0.

Pada masyarakat Timur Dekat, y-dna J pada Yahudi Tunisia, Samaritan (Manni 2005 dan Oefner 2013), 65 hingga 94 pada Arab Badui, Qatar, Yaman, Chechen, Kuwait, Soqotra, Dargin dan Ingush. Di atas 50 hingga 58 pada Libanon, Iraq, Palestina dan Syiria. 35 hingga 48 pada Iranian Selatan, Yahudi Ashkenazi, Georgia, Yahudi Kurdi, Kurdi Iraq Utara, Arab Yordan, Emirat dan Oman.

Kaukasia

Pada masyarakat Kaukasia Timur Laut (Kaspia), y-dna I mencapai 58 pada Dargin. Pada Kaukasia Barat Laut (Pontic), y-dna I mencapai 33 pada Abkhaz.J1 mencapai di atas 60 pada masyarakat Checen,Chamalin, Avars, Kaitak dan Kubachis sementara J2 dari 0 hingga 25.

Pada masyarakat Pontick, J1 di bawah 6,4 pada masyarakat Adygei Kabardin, J2 di bawah 9,3.

Pontic

Pontic adalah nama lain dari kelompok bahasa Kaukasia Barat Laut yang meliputi tiga republik Rusia : Adygea, Kabardino-Balkaria dan Karachay-Cherkessia.Hubungannya dengan rumpun bahasa lain tidak pasti. Bahasa-bahasa ini juga terancam kepunahan.Rumpun bahasa ini kaya konsonan tetapi miskin vokal.Bahasa Adyghe memiliki 50-60 konsonan dengan hanya 3 vokal.

Kaspia

Kaspia adalah nama lain dari kelompok bahasa Kaukasia Timur Laut yang berada di republik Rusia : Dagestan, Checnya dan Ingushetia. Kelompok bahasa ini diantara : Avar, Andic, Dargic, Khinalug, Lak, Lezgic, Nakh dan Tsezic (Didoic).

Kartvelian

Kartvelian adalah nama lain dari kelompok bahasa Kaukasia Selatan yang digunakan terutama di Georgia.

0 komentar:

Post a Comment